Mengenal Helm Dan Fungsinya

Mengenal Helm Dan Fungsinya - Sejak zaman Yunani kuno, teknologi helm sudah dikenal dan digunakan oleh manusia. Namun penggunaan helm di zaman itu digunakan untuk berperang, dimana helm merupakan alat kelengkapan pakaian perang temasuk senjata dan baju besi/ziarah. Fungsi helm dianggap sebagai alat pelindung kepala yang sangat efektif guna antisipasi luka dari senjata lawan, baik pedang, tombak ataupun anak panah.

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi dari helm pun meluas dan diterapkan ke berbagai aspek atau bidang, seperti untuk militer, olah raga, proyek, pengendara sepeda, sepeda motor, mobil balap dan lain sebagainya. Tentu saja dengan jenis yang berbeda antara satu dengan yang lainnya dan perbedaan jenis tersebut adalah dari struktur helm itu sendiri.

Mengenal Helm Dan Fungsinya

Menurut wikipedia, helm motor adalah helm yang digunakan untuk melindungi kepala bila terjadi kecelakaan lalu-lintas pada para pengguna sepeda motor. Pertama sekali dicetuskan untuk diwajibkan untuk digunakan di Indonesia oleh Kepala Kepolisian RI Hoegeng, tetapi mendapatkan penolakan yang keras pada waktu itu, kemudian ditetapkan secara resmi di dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992.

Untuk memilih helm yang berkualitas bagus, kita harus memperhatikan struktur (komponen komponen helm) dari helm tersebut. Karena kemampuan helm terhadap suatu benturan keras sangat berkaitan dengan struktur helmnya sendiri.
Ini pun dijelaskan di wikipedia, dimana inti mekanisme perlindungan Helm adalah penyerapan energi momentum yang diterima ke seluruh bagian helm. Oleh karenanya meski terdapat berbagai bentuk helm bentuk dan strukturnya mempertimbangkan kemampuannya menyerap energi tabrakan. Ukuran dan beratnya juga merupakan pertimbangan lain, sebab ukuran yang lebih besar juga meningkatkan risiko terhadap pengguna.

Adapun struktur dari helm meliputi beberapa bagian yakni lapisan luar yang keras (hard outer shell), lapisan dalam yang tebal (inside shell or liner), lapisan dalam yang lunak (comfort padding), lali pengikat.

Diatas tadi sedikit ulasan mengenai helm, jika agan membutuhkan info terkait harga helm terbaru, bisa dicari di blog helmet-oke.blogspot.com ini.